by

MTQ X Buol 2021: Kecamatan Lakea Juara Umum, Dominasi Biau Tergeser

BUOL, PIJARSULAWESI.com- Perhelatan dua tahunan, MTQ X Tingkat Kabupaten Buol tahun 2021 bertempat di Kecamatan Lakea resmi ditutup oleh Bupati Buol Amiruddin Rauf tadi malam (20/11/2021). MTQ X dinilai sebagai MTQ Tingkat Kabupaten Buol yang istimewa dan spektakuler. Istimewa karena dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Sulteng dan acara pembukaan sampai penutupan dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua, Wakil Ketua, dan anggota DPRD Kabupaten Buol.
Spektakuler karena masyarakat tumpah ruah menghadirinya dengan tertib dan disiplin menggunakan masker sejak malam pembukaan sampai penutupan. Pengunjung yang hadir bukan hanya masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Buol tetapi juga dari kabupaten tetangga, Tolitoli.
Bagi Bupati Amiruddin Rauf dan Wakil Bupati Abdullah Batalipu, MTQ X tingkat Kabupaten Buol ini bagai MTQ perpisahan karena mendekati penghujung masa jabatan. Pada MTQ XI tingkat Kabupaten Buol tahun 2023 nanti, keduanya bukan lagi sebagai bupati dan wakil bupati.
Tampil memberikan sambutan pada seremoni acara penutupan, Ketua LPTQ Kabupaten Buol yang juga menjabat Wakil Bupati Buol, H. Abdullah Batalipu, S.Sos., M.Si dan Bupati Buol dr. H. Amiruddin Rauf, Sp.Og., M.Si. Keduanya menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi menyukseskan MTQ X tingkat Kabupaten Buol. Keduanya merasa bersyukur, mendekati penghujung masa jabatan sebagai bupati dan wakil bupati dapat membersamai masyarakat dalam kegiatan MTQ yang bagi mereka berdua kali ini sangat mengesankan.
Mereka juga memohon maaf kepada seluruh masyarakat Buol karena merasa belum maksimal memajukan dan menyejahterakan rakyat Buol.
Sebelum Bupati Amiruddin Rauf menyampaikan sambutan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buol, Nurkhairi, S.Ag., M.S.I terlebih dahulu menyampaikan sambutan.
Kakankemenag menyampaikan harapan besar kepada pemerintah daerah kiranya dapat memberikan bantuan dana yang memadai kepada LPTQ Kabupaten Buol. “Dana yang memadai tersebut sangat dibutuhkan untuk pengembangan kualitas organisasi. Di samping itu juga sangat dibutuhkan untuk pembinaan calon duta-duta Kabupaten Buol pada event MTQ tingkat provinsi,” kata Kakankemenag.
Dana tersebut menurutnya, bisa dimanfaatkan di antaranya dengan mendatangkan pelatih dari tingkat provinsi. Atau dapat juga dengan mengirimkan mereka untuk study sesuai dengan spesifikasi cabang yang diikuti.
Bupati Buol merespon positif harapan Kakankemenag. Di depan para pengunjung, Bupati Amiruddin meminta kepada ketua DPRD dan seluruh anggota yang hadir dalam acara penutupan tersebut untuk merealisasikan harapan Kakankemenag Buol.
Tampil sebagai juara umum pada MTQ X kali ini adalah Kecamatan Lakea selaku tuan rumah. Bagi Kecamatan Lakea, ini adalah torehan prestasi luar biasa karena berhasil menggeser Kecamatan Biau yang sudah lima kali berturut -turut menjadi juara umum.
Selanjutnya dalam Musyawarah Daerah LPTQ Kabupaten Buol bertempat di tribun utama MTQ X tingkat Kabupaten Buol diputuskan bahwa tuan rumah MTQ XI Tingkat Kabupaten Buol tahun 2023 adalah Kecamatan Tiloan. Kiriman Kakankemenag Buol/MAL

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed