by

Kubu Rival AHY Klaim Kantongi 400 Suara DPC dan DPD, KLB Digelar Maret 2021

JAKARTA, PIJARSULAWESI.com – Desakan untuk segera melengserkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari kursi ketua umum terus dilakukan kubu lawan. Salah satunya Pendiri Partai Demokrat Hengky Luntungan, yang mengatakan, Kongres Luar Biasa (KLB) bisa digelar tanpa harus mendapatkan persetujuan dari ketua majelis tinggi.
Menurut Hengky, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sehingga pasti tidak mungkin SBY mengizinkan penyelenggaran hal tersebut. Sebab KLB itu untuk menggantikan sang anak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari kursi ketua umum.
“Jadi ini kan yang disebut majelis tinggi untuk menyetujui adalah Pak SBY. Sementara ketumnya kan anaknya. Jadi kan kalau tidak kasih izin kan ya, karena dia tahu akan meruntuhkan anaknya. Enggak usahlah kayak begitu,” ujar Hengky kepada wartawan, Selasa (2/3/2021), sebagaimana dirilis Jawa Pos.com.
Karena itu menurut Hengky, jika DPC dan DPD setuju adanya KLB tersebut. Maka hajatan untuk melengserkan AHY sudah bisa dilakukan tanpa seizin dari SBY. Ia juga mengklaim sudah mengantongi 300-400 suara atau 70-80 persen total pemilik suara dari DPD dan DPC. Sehingga KLB akan segera dilakukan.
“Ya sudah di 300-an mau 400. Sudah 70-80 persen suara kok,” ungkapnya.
Namun demikian, Hengky belum bisa mengungkapkan tempat dan lokasi KLB tersebut dilaksanakan. Sebab sampai saat ini panitia masih mempersiapkan hal-hal teknis mengenai hajatan akbar tersebut.
“Kesiapan kita yang harus benar-benar siap oleh karena kehadiran dari sekian banyak DPC dari luar daerah. Mereka kan pemilik suara. Nah kesiapan ini kan harus mungkin mereka dikumpul di Jakarta terus bergeser sekaligus, atau ke lokasi,” tuturnya.
Sebelumnya, Kursi kepemimpinan AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat terus saja dipermasalahkan. Beberapa pendiri Partai Demokrat menyatakan AHY untuk diganti dengan tokoh yang baru.
Salah satu pendiri Partai Demokrat, Ilal Ferhad mengatakan, rencana Kongres Luar Biasa (KLB) digelar pada Maret 2021. Itu dilakukan untuk mengganti kepemimpinan Ketua Umum Partai Demokrat AHY. “Jadi awal Maret (2021-Red),” ujar Ilal.
Meurut Ilal, adanya KLB ini sudah mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Walaupun disebut 34 DPD sudah menyatakan komitmen mendukung AHY. Namun masih ada DPC Partai Demokrat.
Ilal juga mengklaim bahwa KLB ini adalah konstitusional yang tercantum di dalam AD/ART Partai Demokrat. Sehingga diharapkan KLB ini bisa terlaksana. ***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed