by

Lantik 5 Kepala Daerah, Gubernur Sulteng Berpesan Jangan Lagi Ada Bupati dan Wakilnya yang Berantem

-Palu-76 views

PALU, PIJARSULAWESI- Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola menekankan kepada pasangan kepala daerah yang baru saja dilantik, untuk selalu menjaga kekompakan. Harmonisasi kedua pemimpin, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota adalah hal yang perlu diperhatikan selama memimpin suatu daerah.
“Saya kembali peringatkaan kepala daerah jangan lagi ada yang berantem. Itu tidak layak dipertontonkan kepada rakyat,” kata Longki Djanggola dalam arahannya pada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten dan kota di Sulteng hasil Pilkada tahun 2020, yang dilaksanakan di Yodjokodi Convention Center (YCC), Jumat (26/2/2021).
Lima kepala daerah yang dilantik adalah Wali Kota Palu dan Wakil Wali Kota Palu, Handianto Rasyid-Reny Lamadjido. Bupati dan Wakil Bupati Poso, Verna Ingkiriwang – Yasin Mangun.
Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli, Amran H Yahya – M Besar Bantilan. Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa – Ablit H Ilyas. Serta Bupati dan Wakil Bupati Sigi, Irwan Lapata – Samuel Yansen Pongi.
Kepala daerah tambahnya harus bijaksana dan saling menghargai, serta saling mengisi.
“Jangan ada yang bahkan saling tendang meja. Beberapa kasus ini pernah terjadi. Saya tidak perlu sebut daerah apa. Jadi saya mohon karena saya juga yang akan memediasi,” ujarnya.
“Kedepan tolong harmonisasi kedua pemimpin harus dijaga,” tambahnya.
Longki mencontohkan riwayat perjalanannya selama menjabat bupati di Parigi Moutong. Hingga menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng bersama Sudarto (Alm) yang tidak pernah terjadi konflik.
“Kalau ada sesuatu komunikasikan secara baik-baik. Bukan malah lantas tendang meja dan tendang pintu. Ini permintaan saya selaku kakak yang akan berakhir masa jabatannya,” demikian Longki. MAL

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed