by

Konsistensi Partai NasDem dalam Penanganan Bencana di Sulteng

-Palu-154 views

PLT. Ketua DPD Partai Nasdem Kota Palu, Yahdi Basma memimpin rapat konsolidasi jelang Rakornas. Foto: Istimewa

PALU, PIJARSULAWESI.com- DPD Partai NasDem Kota Palu menggelar rapat konsolidasi struktur jelang Rakornas, 5-7 Februari 2021 mendatang.
Dipimpin oleh Plt. Ketua DPD Partai NasDem Kota Palu, Yahdi Basma, rapat konsolidasi berlangsung selama 6 jam dan diikuti oleh segenap unsur pengurus DPD Partai NasDem Kota Palu, serta 6 dari 8 ketua DPC se Kota Palu.
Rapat ini digelar sebagai bentuk tindaklanjut Surat DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah Nomor: 008-SI.1/DPW-NasDem-Sulteng/I/2021 tentang Konsolidasi Struktur dan Anggota jelang Rakorsunas, 5-7 Februari 2021, dengan agenda menyegarkan kembali struktur usai evaluasi Pilkada.

“Iya, kami melakukan pembenahan pada struktur mulai dari jajaran DPD (Dewan Pimpinan Daerah) untuk kota, DPC (Dewan Pimpinan Cabang) untuk kecamatan, dan DPRt (Dewan Pimpinan Ranting) untuk kelurahan. Hal ini menjadi sangat penting, mengingat peranan DPC & DPRt ke dalam akar rumput adalah ujung tombak bagi partai,” kata Yahdi.

Disisi lain, kegiatan kemanusiaan NasDem Peduli Korban Bencana Sulbar tetap berlangsung. Tim Rescue DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah yang di komandani oleh Moh. Fachruddin Yunus, SH yang akrab disapa Didin, dan segenap unsur pimpinan serta pejabat teras DPW, baru saja melepas 7 truk bantuan gelombang III bagi korban bencana Sulbar.

“Alhamdulillah, total bantuan yang terkumpul di posko induk ini sejumlah Rp1.5Miliar dan sudah disalurkan sampai dengan gelombang tiga yang dilepas kemarin sore. Tentu saya berterimakasih kepada DPP, segenap anggota Fraksi DPR RI Partai NasDem, dan seluruh kader maupun simpatisan yang turut berbagi, merasakan duka mereka di Sulbar,” kata Didin sebagaimana keterangan tertulis yang diterima media ini, Minggu malam (24/1/2021).
“Sekali lagi terimakasih kepada kk-kk (kawan kader,red) yang menjadi relawan dan masih mengawal proses distribusi bantuan sejak diberangkatkan dari sini (Palu) hingga tiba di posko NasDem di Sulbar, saya dan kami semua mendoakan kiranya sehat dan selamat sampai kembali ke rumah masing-masing usai menunaikan tugas kemanusiaan ini, dan tak kurang suatu apapun. Aamiin,” tambah Didin.

Partai NasDem memang dikenal dengan konsistensi mereka dalam melakukan pendampingan urusan penanganan bencana. Dalam proses penanganan bencana Pasigala, di masa jabatan 2019 untuk DPRD Provinsi, ada Yahdi Basma, SH yang menjabat sebagai Ketua Pansus P3B bersama Moh Masykur yang tergabung sebagai anggota Pansus P3B.
Kemudian pada periode selanjutnya, Yahdi Basma, SH masih tergabung dalam pansus penanganan bencana ini yang telah berganti nama menjadi Pansus Padagimo setelah dibentuk kembali. Untuk skala kabupaten/kota, di Kota Palu ada Mutmainah Korona, SE. Kabupaten Sigi ada Imran Latjedi dan Endang. Sedangkan di Kabupaten Donggala, ada Widya Lassa yang aktif menyuarakan dan mengkritik hal ikhwal penanganan bencana.

Aktivitas Partai NasDem memang selalu padat, tak jarang dilaksanakan secara paralel. Tetapi, pola demikian tak membuat kader Partai NasDem melenceng dari indikator capaian yang dibuat dalam setiap perumusan suatu giat Partai. Dan giat-giat demikian akan terus berlanjut. Sebab bagi mereka, terpilihnya Rusdy Mastura yang merupakan kader NasDem sebagai Gubernur Sulawesi Tengah yang baru, tidak membuat mereka berpuas diri.

“Justru ini adalah fase baru bagi Partai NasDem di Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu sebagai barometer. Mengapa menjadi barometer? Karena Palu adalah ibu kota provinsi,” tutup Yahdi Basma. ***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed