Ground Breaking Smelter di KEK Palu, Investasi PMA di Sulteng Mencapai Rp6,7 Triliun

0
42
Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyampaikan sambutan pada ground breaking semelter galena dan Nikel PT. Trinitan Metals and Minerals, Tbk. di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, Rabu (28/10/2020). Foto: Humas Pemprov

PALU, PIJARSULAWESI.com- Pabrik Smelter Galena dan Nikel PT. Trinitan Metals and Minerals Tbk akan beroperasi pada 2021 dengan memanfaatkan teknologi hidrometalurgi step tempratur acid leach ( STAL). Teknologi ini diklaim sebagai tehnologi ramah lingkungan dan murah dari sisi investasi dibanding teknologi pemurnian nikel lainnya seperti high pressure acid leach (HPAL).
“Ppresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya ground breaking smelter galena dan Nikel PT. Trinitan Metals and Minerals Tbk. Hal ini merupakam aktualisasi hasil penandatangan kerjasama antara PT. Trinitan Metals and Minerals dengan PT. Bangun Palu Sulawesi Tengah tanggal 16 September 2020, di mana dalam poin kerjasama PT. BPST akan menyediakan lahan seluas 200 ha,” kata Gubernur Sulteng Longki Djanggola saat menyampaikan sambutan pada Ground Breaking Semelter Galena dan Nikel PT. Trinitan Metals and Minerals, Tbk. di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, Rabu (28/10/2020).
Gubernur Longki mengatakan, KEK Palu memiliki posisi sangat strategis sebagai pintu utara yang lebih dekat ke Negara- negara tujuan ekspor di Asia Timur. Seperti, Jepang, Korsel dan Tingkok. Sehingga, KEK Palu telah mendapat pengakuan ditingkat nasional sebagai kawasan Ekonomi Khusus Terbaik di Indonesia.
Gubernur Longki pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa investasi perusahaan milik asing (PMA) yang masuk ke Sulawesi Tengah pada 2019 mencapai Rp6,7 Triliun atau 477 Juta USD. Sedangkan PMDN mencapai Rp2,3 Triliun. Hal ini menunjukkan bahwa Sulawesi Tengah merupakan daerah investasi terbesar di wilayah Indonesia bagian timur dan daerah terbesar kelima di Indonesia.
Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubernur Longki menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT. Trinitan Metals and Minerals Tbk, termasuk seluruh tenan yang sudah berinvestasi di kawasan KEK Palu.
“Saya bertrimakasih kepada PT. Trinitan Metals and Minerals , Tbk yang berkomitmen akan mengutamakan tenaga kerja dari masyarakat korban bencana,” ujarnya. MAL

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Silahkan masukkan Nama Anda