WHO Sebut Beberapa Negara dalam Kondisi Bahaya Kasus Covid-19

0
20
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

PIJARSULAWESI.com- Sejumlah negara saat ini sedang dalam tahap darurat Covid-19. Dari mulai lonjakan kasus hingga pelayanan kapasitas ICU yang minim. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) khawatir sebab saat ini dunia memasuki musim dingin.
“Beberapa negara berada di jalur berbahaya dalam situasi pandemi. Dan rumah sakit mulai kelebihan kapasitas menjelang musim dingin,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dilansir dari CNBC, Minggu (25/10).
Menurut Tedros, terlalu banyak negara yang mengalami lonjakan kasus secara eksponensial. Saat ini mengarah pada kapasitas rumah sakit dan ICU yang melebihi kapasitas.
“Dan ini masih baru bulan Oktober,” kata Tedros.
Dia meminta para pemimpin dunia untuk bisa menangani lonjakan kasus secepat mungkin. Dia menyebut saat ini kondisinya kritis.
“Kita berada pada titik kritis dalam pandemi ini, khususnya di belahan bumi utara,” tambahnya.
“Beberapa bulan ke depan akan menjadi sangat sulit dan beberapa negara berada di jalur yang berbahaya,” tegasnya.
Covid-19 telah menyebar ke lebih dari 41,8 juta orang di seluruh dunia sejak muncul pada akhir Desember. Menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins juga menyebutkan, Covid-19 telah menewaskan lebih dari 1,1 juta orang.
Pejabat WHO memperingatkan pekan lalu bahwa wabah virus Korona di Eropa mengkhawatirkan. Wilayah ini terus melaporkan peningkatan kasus secara cepat dan kematian.
Dengan kasus baru tumbuh 25 persen selama seminggu, menurut laporan WHO. Prancis, Inggris, Rusia, Republik Ceko, dan Italia berkontribusi lebih dari setengah dari semua kasus yang dilaporkan selama periode itu. (jpc)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Silahkan masukkan Nama Anda