Palu Jadi Pilot Project Pencetakan Dokumen Kependudukan melalui Mesin Anjungan Dukcapil

0
454

Pembahasan Grand Desain Pertumbuhan Kependudukan ( GDPK) Provinsi Sulteng 2011 – 2023 di Aula Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (P2KB), Senin ( 19/10/2020). Foto: Hafsah/PijarSulawesi.com

PALU, PIJARSULAWESI.com- Masyarakat Sulteng khususnya Kota Palu nantinya sudah bisa mencetak sendiri dokumen kependudukannya melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), tanpa perlu lagi ke kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu.
“ Alhamdulillah kota Palu mendapatkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Sebab Kota Palu terpilih menjadi salah satu daerah percontohan pelaksanaan pencetakan dokumen kependudukan melalui mesin ADM,” kata Moh Alif, perwakilan Dukcapil saat pembahasan Grand Desain Pertumbuhan Kependudukan ( GDPK) Provinsi Sulteng 2011 – 2023 di Aula Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (P2KB), Senin ( 19/10/2020).
Menurut dia mesin ini merupakan terobosan baru Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendorong digitalisasi layanan kependudukan. Kemendagri telah memberikan satu unit mesin ADM ke Pemkot Palu melalui Disdukcapil Palu, dan saat ini pengiriman mesin sedang dalam proses.
” Masyarakat sudah bisa mencetak sendiri melalui ADM. insya Allah jika tidak ada halangan bulan ini (Oktober, Red) sudah dilakukan pembenahan sekaligus launching,” terangnya.
Hanya saja kata Moh Alif, model kartu keluarga itu tidak seperti biasa tapi kini modelnya seperti hasil print A4, Hvs 80 gram juga memiliki barkot.
Selain itu target nasional untuk kerjasama dengan beberapa rumah sakit, agar bisa dapat akte dan kartu identitas anak sehingga langsung mendapat dua dokumen.
Sementara dalam rapat yang dipimpin Sekertaris P2KB Sulteng, Bambang menuturkan adanya Anjungan Capil Mandiri, otomatis pelayanan untuk penggunaan KK atau pendaftaran warga Palu tidak mesti lagi ke Kantor Dukcapil. Selain itu, Grand Desain Kependudukan otomatis menyesuaikan dengan property Dukcapil ini.
“Kami support dengan apa yang dilakukan Dukcapil karena sudah proaktif,” jelas Bambang. SAH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Silahkan masukkan Nama Anda