Pembelajaran Tatap Muka, Menunggu Kota Palu Zona Hijau

0
118
Ansyar Sutiadi. Foto: Dok

PIJARSULAWESI.com– Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palu kini tinggal menunggu petunjuk Gugus Tugas Covid 19 nasional terkait penerapan pembelajaran secara tatap muka pada satuan pendidikan. Jika dalam waktu dekat, status Palu memasuki zona hijau pandemi, maka kegiatan ini akan segera direalisasikan dengan sejumlah syarat dan ketentuan.

Kepala Disdik Kota Palu, Ansyar Sutiadi menjelaskan, pihaknya saat ini juga tengah menyusun draft secara teknis untuk kegiatan belajar tatap muka di sekolahan pada era tatanan normal baru ini.

Draft itu merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri. Yakni Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri.

SKB 4 Menteri menurut dia menjadi panduan penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran baru di masa pandemi COVID-19 bagi satuan pendidikan formal, dari jenjang pendidikan tinggi sampai pendidikan usia dini dan pendidikan non-formal.

“Kita menunggu keputusan gugus tugas nasional. Kalau ditetapkan zona hijau, maka belajar tatap muka bisa dilaksanakan dengan syarat dan ketentuan teknis protokol kesehatan,”kata Ansyar, Rabu 24 Juni 2020.

Dia menjelaskan, sudah ada bebarapa ketentuan teknis jika pembelajaran tatap muka dilaksanakan. Pertama Disdik memastikan bahwa satuan pendidikan menyiapkan sistem protokol pendidikan yang mengacu pada protokol kesehatan di sekolah.

Lalu memastikan peserta didik juga siap melaksanakan protokol kesehatan pada diri sendiri. Mengurangi jam belajar dan membagi shift waktu bejalar untuk mengurangi terjadinya kerumunan. Termasuk memastikan orang tua siswa siap untuk disiplin mengantar jemput anaknya.

“Namun yang terpenting harus ada persetujuan orang tua dalam proses belajar secara tatap muka ini,” paparnya.

Ansyar menambahkan, saat ini proses pendaftaran siswa baru di satuan pendidikan sudah berjalan. Sebab, pemerintah memang telah menetapkan bahwa tahun ajaran 2020 dimulai pada bulan Juli.

“Proses pendaftaran peserta didik baru sudah berjalan. Namun untuk belajar secara tatap muka nanti, kita menunggu keputusan gugus tugas terkait zonasi aman. Disdik telah menyiapkan draf teknis protokol pendidikan untuk menjalankan protokol kesehatan,” pungkasnya.
Sumber: Palu Ekspres.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Silahkan masukkan Nama Anda