Indahnya Suasana Desa Matantimali, Sembunyi di Gunung Gawalise Palu

0
1210

 Jika berkunjung ke Kota Palu, Sulawesi Tengah, tak lengkap rasanya jika tidak mendatangi Matantimali. Desa ini berada di pegunungan Gawalise yang memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan laut. Matantimali terletak di Kecamatan Morowala, Kabupaten Sigi. Tempat ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Segala sisinya bisa memanjakan mata. Membuat Anda tidak akan bosan berlama-lama di sini.

Cobalah melihat ke sebelah utara, Anda dapat melihat pemukiman yang padat dan bentangan Teluk Palu yang begitu cantik. Sebagian wilayah pantai barat Kabupaten Donggala pun dapat terlihat dengan jelas dari sisi ini. Di bagian Timur, Anda bisa melihat keseluruhan Kabupaten Sigi secara utuh dan sungai raksasa (sungai Palu) yang panjang nan berkelok-kelok.

Selain menikmati pemandangan indah, di Matantimali, Anda dapat melakukan olahraga paralayang. Kondisi geografis di sini, baik itu letak, ketinggian, temperatur dan keadaan anginnya sangat mendukung untuk melakukan aktivitas ini. Karena itu, Matantimali juga dikenal sebagai lokasi Paralayang terbaik se Asia Tenggara, bahkan tingkat dunia.

“Matantimali adalah nama sebuah desa di atas pegunungan Verbek. Tepatnya di sisi kiri pucak Gunung Gawalise. Desa Matantimali berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl, dan sampai saat ini masih menjadi salah satu spot paralayang terbaik di dunia. IF rekomendasikan sobat berkunjung ke tempat indah ini,” tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Senin (25/2/2019).

Di kawasan ini juga terdapat beberapa rumah pohon di atas bukit, salah satunya seperti foto di atas. Pemandangannya sangat indah. Deretan gunung, bukit hijau, dan Teluk Palu dapat dilihat dari tempat ini. Saat pagi hari, ketika sunrise mulai muncul, terlihat sempurna perpaduannya. Anda juga bisa berkemah di tempat ini jika ingin menikmati pesona malam Kota Palu yang terlihat dari atas bak ribuan bintang.

Untuk mencapai Matantimali dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari Kota Palu. Anda bisa menggunakan kendaran baik motor maupun mobil. Setelah itu, hanya butuh sedikit waktu menuju puncaknya dengan menelusuri jalan berbatu, pinggiran curam serta melewati sejumlah desa di Kecamatan Marawola Barat atau jalan utama menuju Kecamatan Pinembani, Kabupaten Donggala.

Dalam perjalanan menuju puncak, Anda akan disuguhkan pemandangan berupa hamparan sawah, pegunungan Gawalise serta lembah Palu. Anda juga dapat menyaksikan keindahan pohon-pohon pinus ketika tiba di pegunungan Matantimali. Terkait fasilitas yang disediakan, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat lokasi perkemahan, tempat parkir kendaraan, penginapan serta baruga yang disewakan untuk pengunjung. Akses masuk ke puncak Matantimali juga tidak dipungut biaya.

sumber:inews.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Silahkan masukkan Nama Anda